Breaking News
Loading...

SMA N 1 BANGUNTAPAN SEKOLAHKU ADIWIYATA MANDALAKU

Oleh : Aningdyah Maulya Sandhi

    

          SMA N 1 BANGUNTAPAN, itulah tempatku menutut ilmu sampai lulus nanti. Tempatnya di pinggiran kota, mungkin yang anda pikirkan adalah sekolah pinggiran kota yang kumuh dan kotor penuh sesak dengan perumahan dan pabrik-pabrik, anda salah, sekolahku ini penuh dengan keindahan dan taman di dalamnya yang bisa di bilang juaranya kalo berbicara tentang keindahan. hehehe..
            Yahh, mandala sekolahku adalah adiwiyata. Adiwiyata berasal dari dua kata yaitu adi dan wiyata, adi yang berarti ideal atau sempurna dan wiyata adalah tempat yang baik atau ideal. Adiwiyata mempunyai makna tempat yang baik dan ideal, jikalau di sekolah ku berarti tempat yang baik dan ideal untuk belajar. Tempat yang baik dan ideal untuk belajar itu tempat yang nyaman penuh dengan tumbuhan dan keindahan dan itu semua sudah ada di sekolahku tercinta ini.
            Karena cintanya sekolah ku pada lingkungan, maka di bentuklah tim adiwiyata yang mengurusi segala hal tentang adiwiyata. Akan tetapi tak hanya tim adiwiyta saja yang mengurusi sesuatu hal tentang adiwiyita. Dari muridnya, gurunya, dan semua warga sekolah ikut membantu dalam penghijauan. Banyak cara yang kami lakukan untuk melestarikan dan menghijaukan bumi ini. Diantaranya waktu outdoor learning di kaliurang dengan acara penanaman seribu pohon setelah terkena erupsi merapi. Tak hanya itu saja yang kami lakuan, di lingkungan sekolahku pun ikut menanam pohon dari yang herbal dan juga buah buahan. Memilah sampah dari organik, anorganik, dan juga kaca agar bisa di daur ulang untuk menjadi lebih berharga. Dan yang sekarnag adalah lomba kelas adiwiyata, dan di setiap kelas tampak bersemangat dan bersimpati pada lomba kali ini.
            Adiwiyata di sekolahku ini tidak hanya tampilan fisik di lingkungan saja, akan tetapi juga orang orang yang di dalamnya di tumbuhkan rasa cintanya terhadap lingkungan. Dengan seperti itu banyak orang yang mulai peduli dengan lingkungan. Membuat bumi ini menjadi hijau kembali. Semua ini hanya berperan kecil untuk bumi ini, akan tetapi semua hal yang besar di lakukan dari hal yang kecil saja seperti kesadaran diri sendiri akan pentingnya tumbuhan, lingkungan yang asri bagi kehidupan.
            Begitulah cerita sekolahku dengan adiwiyatanya. Pesan yang hanya bisa saya sampaikan dalam cerita ini, rawatlah lingkunganmu, tumbuhan yang ada disekitarmu seperti halnya ibumu yang merawatmu, karena di lingkungan itu kalian tinggal. Hargailah dan cintailah lingkunganmu, sepertihalnya kamu menghargai Tuhanmu yang memberi kamu hidup, karena lingkunganmu juga memberikanmu hidup

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 OSIS TATA GAWA All Right Reserved
Designed by SMA N 1 BANGUNTAPAN